-->

Penting Mengenal Jenis-jenis Virus Pada Komputer dan Cara Kerjanya Yang Berbahaya

Penting Mengenal Jenis-jenis Virus Pada Komputer dan Cara Kerjanya Yang Berbahaya - Virus Komputer merupakan program atau aplikasi yang dibuat untuk mengandalkan dirinya dan menyebar dengan cara disisipkan pada aplikasi atau data lainnya. Virus komputer memang sudah lama meresahkan para pengguna teknologi modern, ya terutama pada komputer ini. Pada biasanya, para pengguna komputer itu jarang menyadari jika komputer yang digunakannya sudah terjangkit virus. Salah satu hal yang umum dirasakan jika sudah terkena virus yaitu, hilangnya data-data dari komputer secara tiba-tiba ataupun komputer mengalami hang. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh virus yang sudah masuk ke dalam komputer agan, jadi berhati-hatilah dalam berselancar di internet.
Mengapa harus berhati-hati dalam dunia internet?. Karena, sebagian besar jenis-jenis virus komputer yang ada, disebarluaskan melalui internet. Tempat yang sering dijadikan sarana sarang virus, biasanya mulai dari tempat download ilegal hingga situs-situs dewasa yang agan kunjungi. Oleh karena itu berhati-hatilah di dalam dunia internet.
pada umumnya virus itu digunakan untuk hal yang tidak baik. Lebih banyak efek negatif ketimbang positif yang ditimbulkan oleh virus komputer. Virus komputer tidak hanya merusak data ataupun program komputer, tetapi juga dapat menyerang hardware.  Dan bukan rahasia lagi sepertinya, bahwa sistem operasi Windows lah yang sering diserang oleh virus-virus nakal itu.
Kembali ke topik utama. Lalu, apa saja virus komputer paling berbahaya? Berikut akan admin sampaikan jenis dan macam-macam virus komputer

Jenis-jenis Virus Komputer dan Cara Kerjanya


Overwrite

Jenis overwrite ini merupakan jenis virus yang bisa menimbulkan informasi file yang terinfeksi dari berubah isi file tanpa merubah isi ukurannya yang terinfeksi. Atau dengan kata lain, overwrite ini akan menghilangkan informasi dari sebuah file yang terinfeksi virus ini.
Contoh dari virus overwrite seperti; Trj.Reboot, Trivial.88d dan lain-lain. Jika komputer agan sudah terinfeksi virus ini, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menghapus file yang sudah terinfeksi ini.

#Multipartite
Virus multipartite ini bekerja dengan cara bersembunyi dalam memori komputer, lalu virus yang satu ini akan menginfeksi harddisk. Virus jenis ini bisa menyebar dengan berbagai cara, tergantung dari sistem operasi yang digunakan komputer atau laptop.
Contoh dari Virus Multipartite adalah; flip, invader dan lain-lain. Salah satu cara untuk mengatasi virus ini yaitu dengan membersihkan bagian sektor boot serta juga harddisk yang dirasa sudah terinfeksi. Jika sudah merasa aman, maka agan sudah bisa menggunakan datanya kembali.

#Memory Resident Virus
Memory Resident merupakan virus yang akan berjalan secara otomatis apabila Sistem Operasi dinyalakan. Pada umumnya virus ini bersembunyi di dalam RAM bersamaan dengan kode-kode berbahaya. Dampak yang dirasakan dari virus ini adalah file, data atau program akan mengalami kerusakan pada saat dibuka, digandakan, ditutup ataupun dirubah namanya.
Contoh dari virus Memory Resident; Randex, Meve, dan lain-lain.

#Rogue
Virus Rogue merupakan virus yang menirukan program Antivirus dan menampilkan seperti layaknya program yang normal. Selain itu virus ini juga menampilkan peringatan-peringatan palsu mengenai adanya virus.

PROMOTED CONTENTMgid
Cara mudah untuk perbesar payudara di rumah!
Obat rumahan yang untuk mengalahkan radang sendi tanpa operasi
Tujuan dari virus ini yaitu agar penggunanya membeli maupun mengaktivasi program tersebut dan akan mendatangkan uang bagi si pembuat program nakal tersebut. Tak hanya itu virus ini pun bisa membuka celah dari keamanan komputer agan untuk mengundang virus lain. Untuk itu agan bisa berhati-hati dalam mencari program antivirus. Pastikan program yang agan gunakan berawal dari sumber yang terpercaya.


#Trojans
Trojan atau Trojan Horse merupakan sebuah virus yang didalamnya terdapat kode-kode berbahaya. Trojan ini adalah suatu virus yang menyamar menjadi sebuah program yang dibutuhkan, namun dengan kenyataannya sangatlah merugikan. Cara kerja dari virus ini akan mengambil data pada komputer yang terinfeksi dan mengirimkannya kepada si pembuat.
Kabar buruk lainnya, jenis virus trojan pun dapat menginfeksi Sistem Operasi Linux. Terutama untuk para pengguna Red Hat diharapkan agar lebih berhati-hati. janganlah terlalu percaya dengan PATCH yang dikirim melalui e-mail dengan alamat security@redhat.com karena alamat itu bukanlah patch security yang sebenarnya melainkan salah satu virus trojans yang akan mengacaukan sistem operasi agan. Untuk email resmi Red Hat, itu biasanya dikirim dengan alamat secalert@redhat.com serta terdapat tanda tangan digital.

#Backdoor
Virus yang juga berbahaya ini masih merupakan satu tipe dengan Trojan Horse. Virus Backdoor ini akan mampu melakukan akses dengan jarak jauh serta dapat mengambil segala sesuatu berupa data atau informasi yang di mau oleh si pembuat virus.
Sistem operasi yang rentang di serang oleh virus ini, antara lain; Windows 95, Windows 98, hingga Windows XP. Virus ini juga mempunyai ukuran sebesar 57.856 byte. Dengan ukuran tersebut virus ini bisa menyerupai file yang baik-baik saja seperti misalnya game.

#Worm

Worm bisa dibilang sedikit berbeda dengan yang lainnya, karena tidak menyerupai virus pada umumnya yang menginfeksi ataupun merusak suatu file dari data komputer. Tetapi Worm ini merupakan sebuah program yang bersifat parasit, sebab bekerja dengan cara menduplikasikan diri. Dampak dari hal ini membuat harddisk dari komputer agan menjadi full atau penuh akan worm tersebut.
Virus ini dapat terdeteksi oleh software/program antivirus. Maka dari itu agan bisa menginstallnya sebagai sarana proteksi dari Worm.

Itulah beberapa jenis virus berbahaya dan cara kerjanya yang patut dihindari dan harus lebih berhati-hati lagi tentunya. Pastikan agan memasang program antivirus pada laptop atau komputer juga, demi meminimalisir serangan virus serta agar lebih cepat untuk ditanggulangi.
Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penting Mengenal Jenis-jenis Virus Pada Komputer dan Cara Kerjanya Yang Berbahaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel