-->

Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis


Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis
Sebagai mahasiswa yang berada di tingkat akhir, tentu saja saya sangat sering berinteraksi dengan kedua format dokumen ini. Konversi PDF ke word biasanya saya gunakan saat ingin melakukkan editing dan copy isi dokumen, sedangkan konversi word ke PDF lebih sering saya gunakan saat akan melakukkan print di tempat fotokopi dan print umum mengingat komputer pada tempat fotokopi rata-rata dihinggapi virus sehingga file berformat PDF saya rasa lebih aman.

Kami semua memiliki saat-saat ketika Anda mencoba mengirimkan dokumen untuk sesuatu yang penting, seperti lamaran kerja, hanya untuk menerima pesan 'format tidak diterima'. Bahkan format yang banyak digunakan seperti dokumen Word terkadang mendapatkan perawatan ini, jadi sangat berguna untuk memiliki program di sekitar yang dapat mengubah format dokumen dengan minimal rewel. Dengan PDF sebagai standar universal utama, Word Gratis ke PDF Converter adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kompatibilitas Anda - plus tentu saja itu gratis dan siap untuk diunduh!
Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengubah file Word ke PDF yaitu secara offline maupun online. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas cara mengubah file word ke PDF secara offline. Kali ini saya akan berbagi cara mengubah file word ke PDF dengan menggunakan alat online yang mudah dan gratis.
Sebenarnya ada banyak sekali situs di internet yang menyediakan jasa pengubah word ke PDF, namun yang akan saya gunakan disini adalah situs yang bernama Smallpdf, karena menurut saya situs ini memiliki tampilan yang cukup menarik dan praktis sehingga sangat mudah saat digunakan.
Situs ini selain dapat mengubah file word ke pdf, juga dapat mengubah file-file dalam bentuk lainnya, mengompres pdf, dan juga membuka file pdf yang dikunci.

Baiklah, berikut langkah-langkah mengubah file word ke PDF:

  1. Silakan kunjungi smallpdf.com
  2. Akan muncul menu-menu seperti mengompres pdf, pdf ke excel, word ke pdf, dan lain-lain. Nah karena kita akan mengubah file word ke bentuk pdf maka pilih word ke pdf. Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis
  3. Kemudian klik pilih file.
    Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis
  4. Pilih file yang akan diubah ke Pdf, kemudian klik open.
    Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis
  5. Tunggu hingga file terunggah 100% dan proses conversi selesai.
  6. Setelah proses conversi selesai, klik unduh file.
    Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis
  7. Selesai, file akan langsung terunduh. silakan lihat di pojok kiri bawah layar. (biasanya file akan tersimpan di folder download).
    Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis

Salah satu keuntungan yang didapatkan jika sobat mengubah file atau dokumen Microsoft Word (.doc, .docx) ke Portable Document Format atau yang biasa disingkat dengan PDF (.pdf) adalah dokumen menjadi lebih aman terhadap serangan virus komputer.

Meskipun demikian kedua format tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bagi sobat terutama para mahasiswa file PDF ini akan sangat berguna sekali misalnya dalam pembuatan proposal atau laporan.

Tentu saja proposal atau laporan tersebut harus kita cetak namun tak jarang seringkali kita merasa khawatir pada saat mencetak dokumen di tempat fotokopi atau warnet karena sebagian besar komputer mereka seringkali banyak dihinggapi virus.
Coba bayangkan bagaimana jadinya jika dokumen yang telah kita buat cape-cape malah rusak karena ulah virus tentu sangat menjengkelkan bukan? Oleh karena itu agar lebih aman ada baiknya sebelum mencetak sobat mengubahnya terlebih dahulu menjadi format pdf.

Ada banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk mengubah dokumen Microsoft Word menjadi PDF, namun kali ini saya hanya akan membagikan beberapa cara saja yang menurut saya cukup efektif dan mudah.
Jadi jika dihitung ada empat cara yang bisa sobat gunakan dari keempat cara diatas silahkan pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kebutuhan jika sobat tak memiliki akses internet (offline) gunakanlah cara yang paling awal.

Namun apabila sobat ingin menggunakan cara online gunakan cara online yang ketiga yaitu menggunakan situs Smallpdf, akan tetapi seperti yang telah saya sebutkan diatas jika sobat menggunakan situs tersebut sobat hanya diberi dua kali kesempatan untuk mengkonversi dokumen, apabila tidak ingin dibatasi gunakan PDF Online.

Sekian dan terimakasih, semoga artikel ini bisa membantu.

Sekian. Selamat mencoba.

Baca juga artikel saya berikunya mengenai cara membuka file pdf yang dikunci.

Terimakasih telah mengunjungi salah satu ulasan artikel dari WartawanKampung.com dan jangan lupa kunjungi atikel terbaru dari kami sehingga tidak ketinggalan informasi terbaru yang sayang untuk tidak mengetahuinya. Wassalam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengubah Word ke PDF dengan Alat Online yang Mudah dan Gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel